2010

Sungkyunkwan Scandal, Kartini Korea Selatan

Kamis, April 21, 2016


Halloo.... Sebelumnya aku pengen ngucapin buat Kartini-kartini yang ada di Luar sana. Selamat Hari Kartini, Kawan-kawan seperjuangan Kartini. Yaps, karena hari ini bertepatan dengan hari Kartini, aku mau bahas review drama dengan kisah mirip Kartini nih. Perjuangan seorang gadis memperoleh hak yang sama di jaman Joseon.

Memiliki genre period, romance, comedy. Karena memang drama ini mengambil kisah dimasa pemerintahan Raja Sejong yaitu di Jaman Joseon. Tetapi tak lupa juga bumbu-bumbu asmara dari para pemeran utama serta unsur komedinya menambah kenikmatan saat menontonnya nih.

Song Joong Ki, Park Yoo Chun, Park Min Young, Yoo Ah In
Sungkyunkwan Scandal ini dibintangi oleh beberapa pemeran cakep seperti Park Yoo Chun dari idol grup JYJ, Aktris cantik Park Min Young, Song Joong Ki, dan Yoo Ah In. Ini kali pertama aku melihat Park Yoo Chun menjadi Lead Cast *baru pertama ketemu idol ganteng yang satu ini nih. Kemudian ia membintangi banyak drama yaitu Miss Replay, I Miss You, dan drama terbarunya The Girl Who Sees Smells. Sedangkan lawan mainnya yaitu Aktris Park Min Young, terkenal lewat perannya dalam drama I'm Sam pada tahun 2007 *kali ini aku belum pernah lihat wkwkwk. Kemudian disusul beberapa drama hits seperti City Hunter, Man Of Honor, Healer, dan Remember.

Nah kedua cowok ganteng yaitu Song Joong Ki dan Yoo Ah In ini juga pertama kali familiar dalam drama ini. Peran Yeorim yang dimainkan oleh Song Joong Ki mencuri banyak perhatian. Berkat drama ini, ia mulai membintangi drama lainnya seperti Innocent Man dan drama yang paling hits tahun ini yaitu Descendant Of The Sun. Sama halnya dengan Yoo Ah In, drama lainnya seperti Fashion King, Jang Ok Jung, dan Six Flying Dragon.

Jalgeum Quartet

Keempat karakter dalam drama yaitu Lee Seon Joon, Kim Yoo Shik, Goo Yong Ha, dan Moon Jae Shin ini mempunyai julukan yaitu Jalgeum Quartet. Mungkin kalau sekarang disebutnya Boys Before Flower kali, wkwkwk. Dikenal dengan paras yang memukau dan meluluhkan setiap hati wanita.

Langsung aja aku bahas plot ceritanya. Dimulai dari kisah gadis yang menyamar menjadi pria dengan meminjam nama adiknya yaitu Kim Yoo Shik (diperankan oleh Park Min Young). Sedangkan nama aslinya sendiri yaitu Kim Yoon Hae. Ia terpaksa menyamar menjadi pria untuk melunasi hutang orang tuanya dan juga mengobati adiknya yang sedang sakit.

Kim Yoon Hee

Walaupun ia perempuan, tetapi ia sangat pintar dan banyak menguasai buku-buku klasik. Hal ini sangat bertentangan dengan aturan yang ada di jaman Joseon. Seharusnya wanita jaman dulu tidak diperbolehkan untuk sekolah, melainkan belajar menjadi seorang wanita dan istri yang baik. (Nah sama kan dengan yang dialami wanita di jaman Kartini). Yang berhak untuk belajar pun hanya para bangsawan. 

Karena kepintaran yang dimilikinya Kim Yoon Shik bekerja sebagai penulis buku, kemudian ia pun direkrut oleh pemilik toko buku untuk menjadi joki. Saking butuhnya dengan uang ia pun menerima tawaran tersebut. Dan di kali pertama ia menjadi joki, apesnya ia bertemu dengan tuan muda bangsawan yang sangat angkuh yaitu Lee Sung Joon. Ia pun melaporkan Kim Yoon Shik.

Setelah mengetahui bakat dari Kim Yoon Shik, Lee Seon Joon menyeretnya untuk menjadi pelajar sungkyunkwan yang rata-rata adalah bangsawan tanpa mengetahui bahwa Kim Yoon Shik merupakan perempuan. Nah di kampus inilah cerita mereka dimulai. Ia kemudian bertemu dengan kedua partai yang saling bermusuhan yaitu Partai Noron dan Soron. Mereka akhirnya bersatu dan membantu raja untuk megubah joseon ke arah yang lebih baik.

Untuk yang bingung partai-partai yang aku sebutkan, ini nih penjelasannya. Jaman joseon memang ada beberapa partai yang menguasai. Bahkan mereka berlomba-lomba untuk mengendalikan raja. Partai yang terkuat saat itu merupakan partai Noron. Musuh terbesar mereka yaitu Partai Soron. Lee Seon Joon merupakan putra dari partai Noron, sedangkan Moon Jae Shin (diperankan oleh Yoo Ah In) merupakan putra dari partai Soron.

Awalnya mereka memang bertengkar dan tidak mungkin bersatu. Bersama dengan Kim Yeon Shik dan tuan muda Goo Yeong Ha (diperankan oleh Song Joong Ki), ia berhasil bersatu dan membentuk empat serangkai yang disebut Jalgeum Quartet.

Si kuda gila yang bikin klepek-klepek

Untuk karakter dari Moon Jae Shin sendiri. Ia diberi julukan kuda gila karena sikapnya yang seperti preman *hahaha, tapi tetep keren kok. Dibalik sikapnya yang cuek dan amburadul, ia ternyata merupakan pria yang baik hati. Ia sangat melindungi dan menjaga perasaan Kim Yoo Shik. Tanpa ia sadari ia jatuh cinta pada perempuan cantik ini. Selain sikapnya itu, ternyata ia banyak menyimpan luka di dalam hatinya karena kakaknya yang meninggal akibat partai Noron. Dalam drama ini, quotes yang diucapkan Moon Jae Shin pun menjadi booming dan diingat oleh penggemernya. Ini nih quotesnya ...

Quotes Moon Jae Shin

Go Yong Ha penakluk hati wanita

Karakter yang menonjol yaitu Go Yong Ha yang diperankan oleh Song Joong Ki. Go Yong Ha merupakan tuan muda kaya yang fashionable. Baju sutra mahal yang dikenakannya pun selalu fashionable. Hal ini menunjukkan bahwa ia seorang bangsawan yang kaya raya. Selain itu, ia mempunyai sikap yang lucu dan sangat memahami hati wanita. Ia merupakan penakluk hati wanita. Di Sungkyunkwan ia merupakan sahabat dekat dari Moon Jae Shin.


Eits tenang aja,, ada kisah cinta romantisnya juga loh. Kim Yeon Shik mulai jatuh cinta pada Lee Sung Joon. Bahkan Lee Seon Joon sempat bingung pada dirinya karena mengira ia adalah LGBT *wkwkwk sebelum mengetahui bahwa Kim Yoon Shik adalah perempuan. Selain Lee Seon Joon, Moon Jae Shin juga menaruh rasa pada Kim Yoon Shik. Ia mengetahui bahwa Kim Yoon Shik adalah perempuan dan melindunginya. Berhasilkan ia lulus dari Sungkyunkwan tanpa ketahuan ??

Sungkyunkwan University

Ohh iya, sekedar info yah. Sungkyunkwan merupakan Universitas pertama yang ada di Korea. Universitas tersebut sudah ada sejak jaman Joseon dan bahkan sampai sekarang universitas ini masih tetap ada.

Jun Tae Soo

Ada lagi nih yang menarik perhatian, yaitu pemeran karakter antagonis Ha In So. Muka garang tanpa senyum juga menarik perhatian. Karakter ini diperankan oleh Jun Tae Soo. Dan ia merupakan adik dari aktris terkenal yaitu Ha Ji Won. Udah cukup deh cuap-cuapnya, silahkan tonton langsung trailernya di bawah ini :)


Referensi : DramaWiki
Pict : Goggle
Video : Youtube

You Might Also Like

5 komentar

  1. Drama Saeguk yang bagus ini min, apalagi ada Yoochun sama Joongki :3

    BalasHapus
  2. kurang begitu suka sih sama drama yang berbau kerajaan atau dinasti kayak begini...
    tapi kalo jalan ceirta, pemain, dan scene shot nya kece, yah bisa lah dipertimbangin...
    btw, belom nonton drama ini sih, karena kurang suka aja... hehehe

    BalasHapus
  3. gak terlalu suka sih ama drama yg kerajaan, tapi karena ada song joong ki, jadi pengen nnton

    BalasHapus
  4. gak terlalu suka sih ama drama yg kerajaan, tapi karena ada song joong ki, jadi pengen nnton

    BalasHapus
  5. waduh aku udah lupa sama ceritanya ini drama,,,berkat blog ini aku jadi flashback deh

    BalasHapus

Please Leave Your Comment. Thank You ^^

SUBSCRIBE

Like us on Facebook