Descendant Of The Sun

5 Drama Korea Paling Berpengaruh Versi Jawapos

Sabtu, Mei 21, 2016


Korean wave mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000an melalui drakor *drama Korea  dan K-pop. Hal ini membawa pengaruh yang kuat sangat kuat. Nah pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang lima drama korea yang memiliki efek besar bagi para K-Dramaland versi Bibi Titi Teliti.


1. Autumn In My Heart.

Drama yang diproduksi pada tahun 2000 ini berhasil menjadikan Aktris Song Hye Gyo sebagai simbol kepedihan dan memperkenalkan para K-Drama Lovers pada sindrom 2nd Lead melalui tokoh Won Bin. Autumn In My Heart atau biasa disebut Endless Love tampaknya menjadi sebuah tonggak rumus menyedihkan hampir semua drama korea dari segi plot. Hampir semua adegan memilukan ada dalam drama ini. Bayi yang tertukar, penyakit mematikan, karakter Chaebol jutawan yang manja, tokoh perempuan jahat yang menjalani hidup dengan penuh semangat. Ending yang sangat mengenaskan mengguncang hati para penontonnya. Semenjak itu, industri drama Korea berlomba-lomba membuat drama dengan alur cerita sedih dan ending pilu.




2. Jewel Of The Palace 

Efek drama Saeguk (2003) alias Korean Drama Historical drama ini meningkatkan K-drama Lovers pada kuliner Korea. Jewel Of The Palace menceritakan kisah hidup seorang dayang di dapur istana yang kemudian berhasil menjadi dokter perempuan pertama di Korea.
Dalam drama ini berbagai hidangan klasik khas Korea diilustrasikan dengan sangat menarik dan menggiurkan. Lengkap dengan sejarahnya, drama ini membuat pecinta drama korea yang menyaksikannya dijamin akan tergoda untuk mencicipinya. Saat ini bisnis kuliner di Korea Selatan berkembang dengan sangat pesat berkat berbagai adegan makan dengan lahap tetapi tetap terlihat kurus yang selalu diselipkan dalam drama Korea. Bahkan hingga saat ini teknik seperti itu masih digunakan dalam drama bertema kuliner.



3. Princess Hours


Salah satu my Favorit drama nih. Setelah K-dramaland dibombardir dengan begitu banyak drama berplot sedih yang mendayu-dayu, Princess Hours (2008) a.k.a Goong muncul bagaikan angin segar. Plotnya sangat sederhana dan berbau fantasi tipikal Cinderella Story. Drama itu mengkisahkan seorang siswi SMA yang kelakuannya sedikit alay, tapi kemudian dijodohkan dengan pangeran tampan rupawan yang congkak dan pongah. Wkwkwk.
Jenis plot seperti itu dijamin akan membuat para K-drama Lovers terangan-angan liar tak terkendali. Kemudian mulai mengidam-idamkan sosok pangeran sebagai pasangannya. Setelah drama itu ditayangkan berbagai drama dengan plot serupa pun mulai melanda.




4. You Who Came From The Stars

Drama ini muncul ketika K-Drama Addict sedang diterpa berbagai karakter siluman, vampir dan hantu. Mulai dari My Girlfriend is Gumiho yang menceritakan kisah tentang siluman cantik, Gu Family Book manusia setengah vampir, dan Master's Sun wanita yang berhubungan dengan hantu, hingga Arang The Magistre. Drama ini seakan ingin khayalan. antusias . Maka dibuatlah tokoh yang lebih yaitu alien yang memiliki berbagai kekuatan super.
tokoh yang digambarkan memiliki penampilan visual yang luar biasaganteng parah. Kemampuan yang dimilikinya banyak, dapat menghentikan waktu, menghilang, teleportasi, dan dapat menguping percakapan dari rumah tetangga.
Drama ini mempunyai efek besar dalam industri fashion Korea. Sebab, Jun Ji Hyun pemeran karakter Song Yi adalah seorang fashionista. Selain pakaian dan tas, yang jadi ciri khas Song Yi pun jadi tren. Makanan Chimak (Chicken dan bir) yang merupakan kegemaran Song Yi dalam drama tersebut mendadak jadi booming. Kisah cinta sang alien dengan aktris itu akan selamanya tersimpan rapi dan memorable bagi para K-drama Addict.



5. Descendants Of The Sun (DOTS)

Ciri khas Drama Korea adalah menjadikan berbagai bidang pekerjaan sebagai latar belakang karakternya. Mulai dari Chef dalam drama Pasta, Oh My Ghost [lihat review]. Dokter dalam drama Good Doctor [lihat review], Doctor Stranger [lihat Review]. Sampai jurnalis dalam drama Pinnochio [lihat review].



Source : Jawapos
Pict : Google

You Might Also Like

4 komentar

  1. hihi.. jawa pos aja smpe mengkategorikan drama korea..saking apanya yah?

    BalasHapus
  2. kak yg Who You Came kok belum ada isinya hehe ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadi error kak mohon maaf, hehe
      sudah saya perbarui

      Hapus
  3. princess hours banget :D hahaha
    duh, kangen sama PU wnaitanya, kapan dia main drama lagi yah,,, hu hu hu

    BalasHapus

Please Leave Your Comment. Thank You ^^

SUBSCRIBE

Like us on Facebook